Minggu, 05 November 2017

BIRKENS : DISC BRAKE

Selamat pagi teman-teman setia yang membaca blog saya ini, kali ini saya akan membahas tentang piranti yang juga mempunyai peranan besar dalam keselamatan kita ber kendara. yaitu disc brake atau yang lebih sering disebut orang dengan cakram depan.

sering disebut cakram karena tentu saja mempunyai bentuk yang mirip dengan cakram 😀. bahkan apabila kalian mengetikan kata "cakram" hasil yang muncul di mesinpencari google adalah disc brake ini. hal ini membuktikan banyak orang yang mencari piranti satu ini.

berbeda dengan motor yang bisa kita ganti dengan ukuran lebih besar, cakram pada mobil tidak bisa kita ganti dengan ukuran besar karena tekendala oleh ukuran velg. seperti yang kita ketahui, cakram di motor berada di luar velg, sedangkan pada mobil berada di dalam velg. Namun mungkin ada beberapa mobil yang bisa diganti dengan ukuran cakram yang lebih besar seperti innova diganti dengan milik hilux atau fortuner.

cakram pada mobil pada umum nya tidak mempunya lubang-lubang seperti pada motor, hal ini dikarenakan disc brake pada mobil mempunyai daya tahan panas yang lebih tinggi daripada motor. disc brake pada mobil kebanyakan memiliki ketebalan standar 25mm. dan umur pakai disc brake kebanyakan biasa diukur dengan ketebalan nya. yaitu 22mm.

disc brake pada mobil biasa nya merupakan barang slow moving. hal ini dikarenakan barang ini terbuat dari besi yang sangat jarang sekali rusak dimakan oleh usia.

Disc brake biasa nya terbuat dari material besi ataupun ceramic. pada passanger car, kebanyakan disc brake terbuat dari besi dengan sedikit campuran baja. sedangkan material ceramic biasa digunakan pada balap formula1 saja, tentu saja karena harga nya yang sangat mahal.

Nah bagaimana memilih disc brake yang bagus? tentu saja dengan melihat pada permukaan disc brake yang akan bergesekan dengan kampas rem. dilihat pada permukaan itu, halus atau masih memiliki guratan halus yang berbentuk bulat.

Disc brake birken dengan 3 times metal finish, menghasilkan permukaan disc brake yang sangat halus dan rata di setiap produk nya. dengan permukaan yang rata dan halus, akan membuat pengereman mobil anda akan semakin smooth dan pakem tentu nya.

saya juga menyarankan apabila anda ingin mengganti disc brake anda, diharapkan agar anda mengganti 2 buah sekaligus agar pengereman anda seimbang, sehingga tidak menimbulkan rasa tertarik ke kiri atau ke kanan saat anda mengerem.

berikut ini contoh gambar disc brake yang ada di internet.
disc brake yang sudah metal finished

Disc brake pada saat pengereman extreme





Disc brake birkens dengan 3x metal finished




Tidak ada komentar:

Posting Komentar